Kamis, 05 Desember 2013

Cara Mengatasi Blue/Black screen pada komputer atau laptop



     Mungkin ada orang yang mengalami Dekstop Crash, yang saat Komputer atau Laptop di nyalakan, saat mulai memasuki layar desktop yang keluar hanyalah Layar Biru kosong(Death Blue Screen) atau Layar hitam Kosong (Death Black Screen).

Hal itu bisa terjadi karena :
1.       Hardisk Komputer atau Laptop anda mengalami kerusakan dalam bentuk memory atau system pembaca file nya tidak bekerja dengan baik.
2.       System Windows Komputer atau Laptop anda tidak dapat membaca suatu file saat melakukan Start Up sehingga computer kehilangan memory dan membuat computer atau laptop kita berhenti bekerja.
3.       Terlalu banyak Start up yang di lakukan computer atau laptop anda, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memproses start up tersebut dan karena proses yang cukup lama itu biasanya windows akan mengalami kegagalan dalam membaca file atau memproses system nya.
4.       Terlalu banyak aplikasi yang di install, bisa jadi salah satu aplikasi yang anda install memiliki system yang bertujuan untuk mengendalikan semua proses pada computer atau laptop anda. Hapuslah atau uninstall aplikasi yang memverifikasikan anda untuk memberikan keleluasaan bagi aplikasi tersebut untuk bekerja atau berkembang.
5.       Terlalu banyak file atau ikon yang ada di layar desktop anda. Hapuslah ikon-ikon yang tipe file nya Shortcut, karena itu hanya duplikat dari file aslinya.
6.       Pastikan Komputer atau laptop anda tidak pernah mengalami system failure, bila pernah terjadi, coba lah restore computer atau laptop anda agar dapat mengembalikan peforma windows anda.
7.       Terjadinya file corrupt pada Disk C. itu bisa terjadi karena saat program atau file dari Disk c sedang berjalan, terjadi pemutusan secara paksa seperti menekan tombol power yang lama. Itu bisa membuat Disk c anda mengalami kegagalan memory atau Corrupt.
8.       Ada sebuah Virus yang ikut berjalan saat windows sedang start up. Pastikan anda mematikan start up yang bukan dari Microsoft Corporation. Mungkin aplikasi itu yang memiliki virus yang mengganggu kinerja computer atau laptop anda.
9.       Terlalu lama menggunakan computer atau laptop, penggunaan yang  tidak sewajarnya akan membuat hardisk anda bekerja terlalu berat, dan saat menyimpan settingan saat anda mematikan computer anda, windows tidak memiliki ruang lagi untuk bekerja, karena memory sudah penuh dengan history yang anda lakukan dengan computer anda.
10.   Adanya Malware di dalam computer atau laptop anda, yang artinya windows anda terus di serang oleh malware tersebut dan mengakibatkan kelumpuhan kinerja computer. Malware biasanya menginfeksi computer kita melalui jaringan internet, seperti saat anda men-download atau mengupload file, Malware tersebut masuk melalui hubungan antara computer dengan internet.

Cara Untuk mengatasi Layar biru(Blue screen) atau layar hitam(black screen) sebagai berikut:
1.       Nyalakan computer atau laptop anda, dan sebelum memulai tekan dan taha tombol F8 sampai keluar sebuah layar yang berisikan daftar2 system apa yang ingin kalian lakukan.
2.       Pilihlah tulisan yang bertuliskan “Safe Mode”. Lalu tekan enter, biarkan computer melakukan Booting.
3.       Setelah masuk kedalam Safe Mode, Klik START-à All ProgramsàAccessoriesàSystem Toolsà Pilih system Restore. Dan lakukanlah langkah2 nya untuk merestore computer anda. System Restore tidak akan menghapus data data anda, system ini hanya akan memperbaiki kinerja windows agar bisa bekerja seperti normalnya.


Bila Cara di atas belum berhasil, lakukan ini :
1.       Lakukan sama persis seperti langkah pertama di atas.
2.       Pilih lah System Restore Storage. Lalu tekan Enter, biarkan computer melakukan booting.
3.       Setelah masuk Safe Mode tersebut, Klik STARTà All programsà AccecoriesàSystem ToolsàSystem RestoreàSystem Recovery, dan lakukan langkah2 yang di berikan,
Nb: Kalau melakukan cara ini sebaik nya Back up terlebih dahulu file-file penting anda.


Cara yang lainya adalah :
1.       Nyalakan computer seperti biasa(Normal)
2.       Saat anda telah berada di dalam  Blue screen / black screen, Tekan tombol Ctrl+Alt+Delete secara bersamaan.
3.       Saat keluat layar baru, pilih file ‘Task Manager’.
4.       Setelah itu klik add news task.
5.       Tulis di dalam kotak isian dengan nama “explore.exe” tanpa tanda kutip.
6.       Setelah itu buka file nya, dan biarkan sebntar computer anda memproses nya.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi Blue Screen atau Black Screen, Semoga bermanfaat bagi yang sedang mengalaminya  (hheehhee)..   :D

Asollole”

2 komentar:

  1. Service laptop panggilan

    Laptop anda bermasalah? Kena virus
    Sering hang,atau tidak bisa masuk windows?
    Jika anda sibuk dan tidak punya cukup waktu
    untuk membawa ke reparasi laptop. Cukup
    hubungi kami. maka kami akan ketempat anda.

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :

    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)

    Hardware :
    1. LCD Pecah
    2. Engsel Patah
    3. Tidak Tampil
    4. Mati Total
    5. Keyboard Error
    6. kepanasan
    7. Sering Mati-Mati
    8. Tidak Bisa Charging

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    http://www.mataharikomputer.com/laptop.html

    BalasHapus
  2. makasih gan infonya


    Klik sekarang serbabayar.com beli apa aja secara online jadi mudah , tinggal klik tidak ribet langsung sukses.Di Dukung Sistem Pembayaran menggunakan Kartu Kredit dan tentu CS 24 Jam Siap Sedia Membantu. Jangan Ragu Lagi Klik Sekarang serbabayar.com

    BalasHapus